Peralatan ini digerakkan secara otomatisasi secara auto loh,Sistem Pengendalian Otomatisasi (Teknika)


SISTEM PENGENDALIAN OTOMATISASI
Bagian 1
Pengendalian secara manual adalah pengendalian yang dilakukan oleh manusia yang bertindak sebagai operator sedangkan pengendalian secara otomatis adalah pengendalian yang dilakukan oleh mesin-mesin/peralatan yang bekerja secara otomatis dan operasinya dibawah pengawasan manusia.
Contoh pengendalian secara manual banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada pengaturan suara radio, televisi, pengaturan cahaya layar televisi, pengaturan aliran air melalui kran dan lain-lain sedangkan pengendalian otomatis banyak ditemui dalam proses industri, pengendalian pesawat terbang, pembangkitan tenaga listrik dan lain-lain.
Bagian 2
CONTOH SISTEM KENDALI OTOMATIS PADA BAHAN ELEKTRONIK
Sistem kendali otomatis merupakan suatu teknologi yang menghubungkan sistem mekanik, elektronika, dan kelistrikan di dalam sistem informasi yang berfungsi sebagai alat kontrol atau pengendali.
1. Pada Industri dan Peralatan Rumah Tangga
Produk elektronika dengan sistem kendali otomatis hampir terdapat pada seluruh produk elektronika rumah tangga. Salah satunya, yaitu pada lampu otomatis. Lampu otomatis akan bekerja dengan kendali sensor.
Televisi dengan remote control yang memiliki sistem otomatis, lemari es, mesin cuci, dvd player, dan masih banyak lagi perabot elektronika rumah tangga yang menerapkan sistem pengendali otomatis.
Gambar contoh lampu yang menyala secara otomatis
ternyata jaman sekarang sudah ada alat yang murah meriah tapi sangat fungsional buat urusan lampu ini, kalau jaman dulu harganya masih mendekati ratusan ribu, sekarang sudah terjangkau, tergantung merk antara 25rb-50rb, alatnya fitting lampu dengan sensor cahaya, artinya fitting lampu ini bakal menyalakan atau menghidupkan lampu sesuai intensitas cahaya yg diterima oleh sensor, untuk mengadjust atau mengatur seberapa terang atau gelap cahaya biar lampu hidup atau mati caranya ya cuma mengatur arah alat sensor cahayanya.Keren Bukan???!!!

2. Pada Robot

Banyak sekali robot yang diproduksi untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan atu tugas-tugasnya, sistem kendali pada robot ini dapat menggunakan cara otomatis dan teleoperasi. Sensor pada robot dapat di program agar bergerak berdasarkan perintah yang diterimanya.

Contoh gambar
            Ini saja contonya robot sudah bisa menjadi pengantar makanan atau pelayanan makanan ini sudah bisa sangat membantu proses manusia dalam bekerja ini bisa dikendalikan secara otomatis dan ini adalah salah satu sistem otamitisasi.Kalau berbicara soal harga anda yang sebagai pengusaha bisa menanbung uang sekitar Rp.260 jutaan untuk membeli satu unit robot semacam ini.Giamana Keren bukan kalau anda tertarik anda bisa menabung uang dan membeli satu unit robot semcam ini
            Dan bukan hanya robot pengvhantar makanan tapi masih banyak jenis robot yang bisa membantu dalam proses kerja anda.

4. Pada Transportasi

Dalam bidang transportasi sistem kendali otomatis ini telah sejak lama digunakan untuk auto pilot, sistem pemesanan tiket pesawat, dan auto masinis pada kereta api listrik.


Contohnya saja ini pada transportasi darat.mobil ini adalah ciptaan google yang bisa dikendalikan secara otomatis,mobil ini menggunakan sistem GPS.Mobuik ini baru akan di operasikan secara massal oleh google.Jadi anda tidak susah lagi dalm mencari supir untuk kemana-mana tinggal beli saja mobil buatan google ini pasti lebih mudahkan,heheheheheh!!!!!

5. Pada Industri Jasa

Sudah mulai banyak masyarakat yang mengenal teknologi otomatis untuk industri jasa, seperti dalam informasi pada pelayanan kesehatan, pada perbankan dan pada pelayanan financial lainnya.Mulai dari pemerintahan, prakiraan cuaca, dan lain sebagainya.

Terima Kasih


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peralatan ini digerakkan secara otomatisasi secara auto loh,Sistem Pengendalian Otomatisasi (Teknika)"

Post a Comment